Mengenal Sejarah Barista

Sebagai pecinta kopi tentu sudah tidak asing lagi dengan kata "Barista". Bagi mereka Barista adalah seorang yang ahli dalam hal meracik minuman kopi yang khas. Dikatakan khas karena hasil dari setiap minuman yang dibuat oleh seorang Barista itu tidaklah sama satu sama lain. Untuk itu kemampuan dari seorang Barista akan menentukan kualitas dari rasa kopi itu sendiri.

Selain kemapuan dalam meracik kopi, seorang barista juga dituntut untuk mengetahui tentang seluk beluk dari kopi baik dari jenis, karakteristik dan lain-lainnya.

Seorang Barista bisa dikatakan sebuah hobby bisa juga dikatakan sebagai profesi dan juga bisa dua-duanya. Barista disini merupakan sebutan bagi seseorang yang mempersiapkan, menyajikan dan membuat atau meracik berbagai macam minuman. Tetapi minuman yang dibuat hanya fokus pada minuman yang berbahan dasar kopi.

Pengetahuan dasar tentang tugas seorang Barista tersebut hanyalah sebagian dari sisi seorang Barista. Kita sebagai pecinta kopi selain mengetahui dasar dari seorang Barista juga harus mengetahui tentang sejarahnya. Untuk itu disini kita akan membahas tentang Sejarah dari kata "Barista" tersebut.

Sejarah barista, asal usul kata barista, arti kata barista
Seorang Barista sedang Meracik Kopi 》Sumber foto: ilmubarista.com

Sejarah Barista

     Pada awalnya kata "Barista" muncul dari dataran Eropa tepatnya dari Italy. Disana kata "Barista" berasal dari bahasa Italy yang memiliki arti "pelayan bar".  "Pelayan bar" disini merupakan sebutan bagi orang yang biasanya bekerja dibalik meja bar.

Sebelum tahun 1600 para pelayan bar yang menyajikan dan meracik minuman tersebut disebut sebagai "Bartender". Mereka bekerja dibalik meja bar dengan cara meracik berbagai minuman yang beralkohol. Namun seiring berjalannya waktu pada tahun 1600 hasil bumi berupa biji kopi mulai masuk ke dataran Eropa. Pada saat itu kopi dibawa melewati di salah satu pelabuhan di dataran Eropa yaitu di Pelabuhan Venice. Kedatangan kopi di dataran Eropa tersebut merupakan titk balik dari penyebaran kopi ke seluruh penjuru Dunia termasuk Indonesia.

Setelah kedatangan Kopi, kemudian dalam perkembangan pada tahun 1654 mulailah didirikan kedai kopi untuk pertama kali di Italy. Dan dari awal berdirinya kedai kopi tersebut budaya minum kopi disana mulai dikenal menjamur hingga sekarang.

Sejak berkembangnya budaya minum kopi di Italy, para pelayan yang menyajikan racikan berbagai minuman berbahan dasar kopi di kedai-kedai disana dipanggil dengan sebutan "Barista". Pemanggilan kata "Barista" oleh para penikmat kopi disana memang terdengar mirip dengan kata "Bartender".

Tetapi itulah sebutan bagi mereka yang menyajikan, meracik minuman dengan menggunakan bahan dasar dari biji kopi. Keduanya sama-sama menyajikan berbagai jenis minuman tetapi untuk bahan dasar minumannya berbeda.

Dari sejarah tentang "Barista" tersebut akhirnya kita mengetahui bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Italy dan pertama kali berkembang disana. Budaya minum kopi memang sudah ada sejak dulu dan negara Italy merupakan barometer minuman kopi di berbagai negara saat ini. Di Indonesia sendiri seorang Barista biasanya di cafe-cafe dan berada di balik meja lengkap dengan mesin espressonya.




Referensi:

http://www.ilmubarista.com/apa-itu-barista/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Barista

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Alamat Klinik Kopi Jogja (Berobat ke Klinik Kopi)

Mengenal V60 Drip Alat Seduh Kopi Manual

Sejarah dan Resep Kopi Joss Khas Yogyakarta

Cara MUDAH Membuat Minuman Original Cheese Tea yang Kekinian

Djadual Coffee Gresik Tempat Ngopi Aesthetik