3 Hal Penting yang harus dimiliki oleh Seorang Barista
Sebagai seorang Barista tentunya ada beberapa point yang harus dikuasai agar menjadi seorang barista yang professional dan menjadi idola bagi para pecinta kopi. Sebenarnya ada banyak hal yang harus dimiliki oleh seorang barista selain pandai meracik kopi dan informasi tentangnya. Apalagi bagi seorang Barista baru tentunya juga harus lebih mendalami lagi tentang profesi atau hobby yang satu ini.
Dari sekian banyak hal yang harus dikuasai ternyata ada 3 point utama yang harus dimiliki oleh seorang Barista. Seperti yang diungkapkan oleh Iqbal Sofyanis owner Potpoury Tebet dan anggota Indonesian Latte Art Artist (ILAA) yang mengatakan bahwa terdapat setidaknya 3 hal penting yang harus dimiliki seorang Barista yaitu:
Dan hal ini tentunya akan berdampak pada kepuasan pengunjung terhadap pelayanan yang Barista lakukan. Apabila para pecinta kopi tidak merasa puas dan merasa tidak nyaman maka mereka tidak akan datang lagi dan lebih memilih untuk mencari tempat lain.
Sumber foto: en.m.wikipedia.org |
1. Friendly
Seorang barista yang baik tentunya harus friendly terhadap semua konsumennya. Sikap ramah dengan berjabat tangan ataupun sekedar menyapa para konsumen merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para Barista. Karena dengan melakukan hal tersebut para pengunjung atau konsumen lebih merasa nyaman dan senang dengan sikap dari Barista tersebut.
2. Dedikasi
Menurut Iqbal seorang barista harus memiliki sikap yang tulus untuk berdedikasi terhadap semua konsumen yang datang. Seorang Barista harus mau menjelaskan setiap tahap dari proses dari peracikan kopi yang dibuat. Selain itu bahan yang digunakan juga harus bisa menjelaskan. Karena bagi mereka seorang barista yang baik dan professional itu harus mengerti semua tentang apa yang dilakukannya sehingga nantinya para pengunjung akan mendapatkan pengalaman dan informasi yang diberikan oleh Seorang Barista.
3. Atraktif
Sebagai seorang Barista menjalin hubungan baik dengan pelanggan merupakan sebuah proses untuk membuat setiap pelanggan yang datang merasa nyaman. Karena menurut mereka (Pecinta Kopi) akan merasa risih apabila ada seorang Barista yang sangat cuek bahkan jutek.
Basic Menjadi Seorang Barista |
Dan hal ini tentunya akan berdampak pada kepuasan pengunjung terhadap pelayanan yang Barista lakukan. Apabila para pecinta kopi tidak merasa puas dan merasa tidak nyaman maka mereka tidak akan datang lagi dan lebih memilih untuk mencari tempat lain.
Dari ketiga point penting tersebut mencakup semua hal yang harus dimiliki oleh seorang Barista. Bagi mereka kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama, mengingat pelanggan adalah aset utama dari seorang Barista. Jadi menjadi seorang Barista yang handal akan percuma jika tidak memiliki konsumen atau pelanggan. Untuk itu seorang Barista dituntut harus bisa memperlakukan konsumen sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pecinta kopi.
Itulah 3 hal yang harus diketahui Barista dan yang paling krusial. Perkembangan Barista di Indonesia di tahun-tahun mendatang mungkin menjadi profesi yang paling banyak dicari. Hal ini mengingat dari industri kedai kopi yang mulai menggeliat di Tanah Air.
Bukan tidak mungkin kalau di dua atau tiga tahun mendatang akan banyak sekali dibutuhkan profesi Barista, banyak kelas-kelas Barista. Selain itu untuk gaji seorang Barista yang sudah handal bisa diatas UMR bahkan bisa menembus dua digit.
Jadi manfaatkan peluang ini dengan mengetahui basic menjadi seorang Barista agar kita memiliki bahan sebelum nantinya ikut kelas dengan lebih banyak materi training tentang Barista.
Referensi:
https://majalahkartini.co.id/berita/serba-serbi/kenali-3-tipe-barista-di-warung-kopu-kesayangan-anda/
Komentar
Posting Komentar