Resep Makanan Korea Tteokbokki Anti Gagal Tanpa Gochujang

Pada artikel sebelum kita sudah membahas minuman korea yang sedang viral yakni Dalgona Coffee. Dengan mengetahui salah satu dari menu-menu yang ada di korea, maka disini akan dikupas lagi menu lainnya yang bisa digunakan atau referensi untuk masakan dirumah.

Menu korea kali ini bernama Tteokbokki. Makanan ini merupakan sejenis kue yang berbahan dasar beras dan disajikan dengan saus pedas. Seperti info sebelumnya bahwa makanan ini berasal dari Korea Selatan ini kian digemari di seluruh dunia.

Resep Makanan Korea Tteokbokki Anti Gagal Tanpa Gochujang, makanan korea tteokbokki, cara membuat tteokbokki korea pedas, cara membuat tteokbokki tanpa gochujang, resep tteokbokki gochujang, tteokbokki instan, resep tteokbokki manis, resep tteokbokki chanyeol, resep tteokbokki anti gagal, cara membuat tteokbokki ala rumahan
Makanan Korea Tteokbokki dengan tambahan Kimbab

Karena semakin banyaknya orang yang penasaran dengan makanan ini maka banyak warga net yang mencari artikel tentang cara membuat Tteokbokki sendiri dirumah. Untuk itu bagi ingin belajar membuat Tteokbokki maka simak ulasannya disini.

Cara Membuat Korea Ttoekbokki Tanpa Gochujang

Bagi yang ingin membuat makanan TTeokbokki tanpa menggunakan gochujang bisa mengikuti resepnya di artikel ini. Sebenarnya untuk cara pembuatan menu Tteokbokki tak terlalu sulit dan bahan-bahannya mudah didapat.

Resep anti gagal Tteokbokki tanpa gochujang dibuat agar yang ingin membuat masakan ini agar tidak terbebani dengan penambahan bahan saus gochujang. Sekedar informasi bahwa untuk bahan saus gochujang relatif mahal dengan kisaran harga Rp 20.000,- sampai ratusan ribu untuk yang premium.

Untuk yang ingin membuat makanan korea Tteokbokki dengan low budget bisa menggunakan resep ini agar dapat menikmati Tteokbokki.

Resep Makanan Korea Tteokbokki Anti Gagal Tanpa Gochujang, makanan korea tteokbokki, cara membuat tteokbokki korea pedas, cara membuat tteokbokki tanpa gochujang, resep tteokbokki gochujang, tteokbokki instan, resep tteokbokki manis, resep tteokbokki chanyeol, resep tteokbokki anti gagal, cara membuat tteokbokki ala rumahan
Resep Makanan Korea Tteokbokki Anti Gagal

Resep Tteokbokki Anti Gagal Tanpa Gochujang

Bahan-Bahan Pembuatan Tteokbokki:
- 250 gram (tepung beras)
- 3 sdm (tepung tapioka)
- garam secukupnya


- air panas secukupnya
- minyak goreng secukupnya


Bahan-bahan untuk bumbu Tteokbokki tanpa gochujang :
- 1 buah bawang bombai ukuran sedang
- 2 siung bawang putih
- 2 buah cabai hijau besar
- 2 buah cabai merah besar
- Saus sambal, saus tomat dan saus tiram masing-masing 1 sdm
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1 gelas air


- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Minyak goreng secukupnya


Bahan-bahan pelengkap atau toping untuk Tteokbokki:
- 1 batang daun bawang yang diiris halus
- 1 butir telur rebus setengah matang
- 1 sendok teh minyak wijen
- Biji wijen disangrai sangrai secukupnya
- Odeng secukupnya atau bisa juga diganti dengan bakso ikan

Cara Membuat Tteokbokki tanpa Gochujang

Setelah semua bahan disiapkan maka langkah selanjutnya adalah dengan memasak kesemua bahan tersebut dengan mengikuti tahapan-tahapan berikut ini:

- Langkah pertama membuat adonan Tteokbokki
Campurkan tepung tapioka, tepung beras, dan garam. Setelah itu aduk semua bahan sampai rata sambil dituangi air panas sedikit demi sedikit. Jangan lupa adonan diuleni dengan tangan.

Apabila semua bahan yang tercampur sudah kalis maka bentuk adonan seperti silinder dengan diameter sekitar 1 cm. Selanjutnya potong-potong adonan sepanjang 2 ruas jari.

- Langkah kedua rebus adonan Tteokbokki
Pada tahap ini dilakukan perebusan bahan Tteokbokki ke dalam air dengan memberikan sedikit minyak agar adonan tidak lengket. Apabila air sudah mendidih dan adonan mengembang maka itu tandanya sudah matang.

Angkat adonan dari dalam panci dan tiriskan airnya kemudian sisihkan.

- Langkah ketiga membuat bumbu Tteokbokki
Untuk pembuatan bumbu Tteokbokki masukkan iris halus bawang bombai, bawang putih, cabai hijau, dan cabai merah kedalam wajan. Tumis semua bumbu dengan menambahkan minyak goreng sampai harum.

Selanjutnya masukkan bahan-bahan lainnya seperti saus tiram, saus sambal, saus tomat, gula, garam dan cabai bubuk.

- Langkah keempat masak semua bahan
Setelah semua bahan untuk bumbu sudah dimasukkan maka selanjutnya memasukkan adonan tteokbokki yang sudah dibuat tadi dengan menambahkan odeng (bakso ikan) yang sudah dipotong-potong.

Aduk semua bahan hingga merata sambil dituangi minyak wijen secukupnya sampai kuah menjadi mengental dan menyusut kemudian angkat dari kompor.

Cara Penyajian Tteokbokki

Setelah semua bahan sudah jadi maka waktunya masuk tahapan plating atau penyejiannya. Pada saat penyajian Tteokbokki, sebaiknya sajikan diatas piring dan jangan lupa taburi dengan wijen dan daun bawang. Selanjutnya belah telur setengah matang yang sudah direbus tadi dan letakkan di sampingnya.

Menu korea Tteokbokki tanpa gochujang sudah siap untuk dinikmati. Makanan ini sangat lezat dinikmati pada saat masih panas atau hangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Mengenal Sejarah Barista

Perbedaan dan Persamaan Alat Seduh Chemex dengan V60 Drip

Ngopi atau Minum Kopi adalah Budaya Masyarakat Indonesia

Sejarah dan Resep Kopi Joss Khas Yogyakarta