Sajian Khas Kopi Kasar dari Gresik

Berbicara tentang salah satu daerah di Jawa Timur ini tentunya tidak lepas dari budaya ngopinya. Gresik nama daerahnya. Daerah yang dimana terkenal dengan bumi walinya, industrinya, pudaknya dan yang tidak bisa lepas dari Kota Gresik adalah Sejuta Warung Kopinya.

Kalau tidak percaya dengan pernyataan tersebut maka datanglah ke "Gresik" sebuah Kota Kecil yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Kopi Kasar Khas Gresik 》Sumber: @angkringanmu

Pernyataan tentang Kota dengan sejuta warung kopinya tersebut berjalan lurus dengan slogan yang dimiliki Kota Gresik yaitu "Ngaji Ngopi iku Gresik". Slogan ini memiliki arti "Mengaji dan minum kopi adalah Gresik" Tidak sampai disitu saja, jika kalian masuk ke daerah Gresik dari sudut kota bahkan di pelosok desapun pasti terdapat Warung Kopi.

Bahkan untuk satu desa saja pasti ada minimal 3-5 warung kopi. Itu belum warung kopi yang berada di pusat Kecamatan ataupun Kota.

Dari banyaknya warung kopi yang ada di Gresik ternyata terdapat sajian Kopi yang khas di daerah ini. Sajian kopi tersebut berupa minuman kopi yang disajikan dengan menggunakan bubuk kopi kasar. Dan penyajian kopi seperti ini biasa disebut masyarakat Gresik sebagai Kopi Kasar.

Sajian Kopi Kasar Khas Gresik

Sajian kopi kasar ini memang terlihat unik dan bagi orang awam akan heran melihat penyajian kopi seperti ini. Apabila kalian bukan pecinta kopi jangan coba-coba untuk minum kopi kasar karena dijamin tidak akan tahan dengan rasa pahit yang begitu pekat.

Tetapi jika ditambahkan susu maka sajian kopi kasar tersebut akan terasa mantap dengan perpaduan rasa manis susu dan rasa pahit dari biji kopi.

Kopi Kasar Khas Gresik   》Sumber: pictaram.com

- Takaran setiap sajian Kopi Kasar Khas Gresik
Biasanya kalau minuman kopi biasa seperti kopi tubruk kombinasi bahan kopi dan gula 3 : 1 sendok teh. Berbeda dengan Kopi Kasar, takaran kopi yang disajikan lebih besar dan menggunakan gilingan kopi yang masih kasar.

- Sebaran Kopi Kasar di Gresik
Untuk penyebaran dari sajian Kopi Kasar ini kebanyakan di sediakan di daerah Gresik Kota dan Gresik Utara. Sedangkan daerah Gresik juga menyediakan Kopi Kasar tetapi tidak semua Warung Kopi menyediakan Kopi Kasar.

Dan untuk di daerah Gresik selatan khususnya di Balongpanggang bisa mencarinya di AngkringanMu. Tempat asik buat nongkrong dan ngobrol sana-sini semua kalangan.

Jadi jika kalian sebagai penikmat kopi sejati jangan lupa untuk berkunjung ke Kota dengan Sejuta Warung Kopinya. Dan rasakan juga nikmatnya sensasi Kopi Kasar dan kehangatan masyarakatnya 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Cara membuat creamer dan whipped cream

Sejarah dan Resep Kopi Joss Khas Yogyakarta

Resep Makanan Korea Tteokbokki Anti Gagal Tanpa Gochujang

Mengenal Sejarah Barista