Mengenal V60 Drip Alat Seduh Kopi Manual

Satu lagi nih alat seduh kopi manual yang bernama V60 Drip. Dimata para barista alat seduh ini sudah sangat familiar. Alat seduh kopi V60 Drip ini mirip dengan alat seduh Chemex. Kedua alat seduh kopi tersebut sama-sama digunakan dengan cara menuangkan air panas sampai "blooming" untuk mendapatkan cita rasa ekstraksi kopi yang berkualitas. Alat seduh V60 Drip diproduksi oleh sebuah perusahaan yang bernama "HARIO". Dan alat seduh V60 Drip juga menjadi alat yang paling populer di kalangan pecinta kopi dan para Barista.

Untuk mengetahui semua tentang seluk beluk alat seduh V60 Drip ini sekarang kita bahas satu-persatu mengenai alat seduh kopi manual yang bernama V60 Drip.

Alat seduh kopi manual v60 drip, tips menggunakan v60 drip, mengenal v60 drip
Alat Seduh Kopi Manual V60 Drip 》Sumber foto: kimscoffeeid.com

Material utama dari alat seduh V60 Drip

    Material yang digunakan ada pada keramik silinder dengan lubang yang mengerucut ke bawah. Dan lubang ini berfungsi untuk jalan keluar dari ekstraksi bubuk kopi dengan cara membiarkan air resapan kopi menetes sedikit demi sedikit melalui ujung lubang dari alat seduh V60 Drip.

Perlengkapan Ketika Menggunakan Alat Seduh V60 Drip:
- Alat Seduh V60 Drip
- Kertas Filter (paper filter)
- Ketel (kettle)
- Biji Kopi (roasting)
- Gilingan (grinder)
- Penghitung Waktu (timer)
- Timbangan Digital (digital scale)


Cara Mempergunakan Alat Seduh V60 Drip


   Cara untuk menuangkan air panas ketika menggunakan alat seduh V60 Drip hampir dengan alat seduh Chemex. Teknik yang digunakan ketika menyeduh kopi yaitu dengan menuangkan air panas ke alat seduh V60 Drip dengan gerakan melingkar dengan perlahan di bagian atas kerucut V60 Drip. Proses selanjutnya tinggal menunggu sampai air kopi merembes melalui filter dan menetes sampai habis.

Sebaiknya ketika menuangkan air gunakan ketel yang memiliki bentuk moncong panjang dan berleher sempit menyerupai leher angsa. Ketel seperti ini digunakan agar nanti pada saat proses menuangkan air panas dengan gaya melingkar menjadi lebih mudah.

Tips untuk Mendapatkan Cita Rasa Kopi yang Berkualitas Menggunakan Alat V60 Drip

   Hasil dari penyeduhan bubuk kopi menggunakan alat V60 Drip ini secara keseluruhan akan memberikan keseimbangan antara penyajian secangkit kopi dan kenyaman ketika melakukan proses penyeduhan kopi. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa mengikuti resep dan cara berikut ini.

- Komposisi Air dan Kopi
 Gunakan 28 gram bubuk kopi dengan 60 gram air untuk mempermudah proses "blooming".

- Gunakan Biji Kopi yang Fresh
  Biji kopi yang digunakan disarankan biji kopi yang setelah di panggang (roasting) 12-36 jam kemudian.

- Tingkat Gilingan Biji Kopi
 Sangat disarankan memproses biji kopi ketika digiling harus di level medium.
- Waktu ketika "blooming" menggunakan alat seduh V60 Drip
  Waktu yang disarankan ketika kopi sudah di roasting seminggu sebelumnya maka proses blooming dilakukan hanya selama 1 menit. Dan apabila lebih dari seminggu maka waktu blooming yang disarankan adalah sekitar 45 detik. Air harus dituangkan dengan perlahan dengan gerakan melingkar berlawanan dengan arah jarum jam.

- Waktu seduh Menggunakan alat V60 Drip
 Waktu yang dibutuhkan ketika menyeduh kopi menggunakan V60 Drip adalah sekitar 2,2 - 5 menit sampau tetes kopi melambat hingga pada kecepatan yang konsisten.

Cara menyeduh secangkir kopi menggunakan alat V60 Drip ini merupakan salah satu favorit di kalangan Barista. Hal ini disebabkan karena hasil dari proses penyeduhan menggunakan alat seduh V60 Drip memiliki sedikit ampas. Sedikitnya ampas kopi ini disebabkan proses penyaringan di alat V60 Drip yang menggunakan filter kertas.




Referensi:

https://kimscoffeeid.com/2016/02/29/alat-seduh-kopi-manual-yang-wajib-kamu-tau/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat creamer dan whipped cream

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Mengenal Sejarah Barista

Kopi Janji Jiwa Gress Mall Gresik (Janji Jiwa 213)

Info Lokasi Titik Kumpul Pacet Tempat Nongkrong Hits Mojokerto