Nikmatnya Kopi Toraja yang Eksotis dan Barkarakter

Bagi pecinta kopi tentunya sudah mengetahui tentang kopi ini, yaitu Kopi Toraja Sapan. Kopi yang sudah terbukti setelah mendapat nilai tertinggi cupping pada acara Lelang Kopi Asosiasi Kopi Spesial di tahun 2012 yang diadakan di Kota Surabaya. Sejak saat itu popularitas dari Kopi Toraja mulai bersanding dengan Kopi berkualitas lainnya seperti Kopi Gayo dari Aceh.

Nikmatnya kopi toraja yang eksoyis, jenis kopi toraja, kopi toraja sapan, kopi asli sulawesi
Kopi Toraja 》Sumber foto: majalah.ottencoffee.co.id

Dengan semakin populernya Kopi Toraja maka Indonesia kembali menambah satu jenis kopi single origin terbaiknya. Untuk lebih mengenal tentang Kopi Toraja Sapan, maka sekarang kita bahas tentang kopi ini.


Karakteristik Kopi Toraja

   Secara umum jenis kopi toraja sapan ini memiliki karakteristik jenis kopi yang berasal dari benua Afrika. Kopi Toraja adalah kopi yang memiliki sejumlah karakter eksotis.

Citarasa dari Kopi Toraja

   Kopi Toraja memiliki body yang full, bringht acidity yang segar menyerupai apel hijau, buah anggur dan strawberry. Selain itu Kopi Toraja juga memiliki notes herbal dan kayu manis, ditambah rasa terakhir seperti dark chocolate.

Budidaya Kopi Toraja

   Budidaya tanaman kopi toraja tersebar di berbagai daerah di Toraja seperti Sapan dan Kalosi. Untuk daerah penyebaran tanamannya di daerah pegunungan dengan ketinggian diantara 1.400- 2.100 mdpl. Kondisi daerah yang seperti ini yang membuat Kopi Toraja melahirkan Kopi yang berkarakter khas dan kaya aroma.

Nikmatnya kopi toraja yang eksoyis, jenis kopi toraja, kopi toraja sapan, kopi asli sulawesi
Tanaman Kopi Toraja 》Sumber foto: majalah.ottencoffee.co.id


Cara Menyajikan Kopi Toraja

   Ciri dari Kopi Toraja yang khas dengan karakter mengagumkan, maka untuk mendapatkan single origin dari Kopi Toraja bisa dilakukan dengan tehnik brewing apa saja. Namun untuk mendapatkan rasa yang lebih jernih dan bersih bisa menggunakan cara salah satu cara seduh terbaik (pour over).

Informasi tentang Kopi Toraja ini akan semakin menambah wawasan kita tentang kopi-kopi terbaik dan istimewa yang lahir dari tanah air. Untuk itu berbanggalah kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki penghasil kopi-kopi berdaya saing tinggi di seluruh dunia.




Referensi:

https://majalah.ottencoffee.co.id/mengenal-kopi-toraja-sapan-yang-eksotis/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat creamer dan whipped cream

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Mengenal Sejarah Barista

Info Lokasi Titik Kumpul Pacet Tempat Nongkrong Hits Mojokerto

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Tuban (Janji Jiwa Jilid 910 & Jiwa Toast)