Sajian Unik Kopi Khop Khas Aceh Barat

Budaya menikmati secangkir kopi atau ngopi sudah menjadi hal yang biasa. Tak terkecuali bagi masyarakat di daerah ujung Indonesia yaitu di daerah Aceh. Selain terkenal dengan produksi Kopi Gayo jenis Arabika yang sudah diakui kualitasnya di Dunia, di tempat ini juga memiliki budaya menikmati secangkir kopi yang sudah ada sejak dahulu. Tidak sampai disitu saja, untuk cara menikmati segelas kopi juga ada cara tersendiri. Mereka sudah terbiasa dengan menikmati sajian segelas kopi dalam keadaan terbalik. 

Kopi khop, kopi khop khas aceh yang unik, kopi terbalik atau kopi tabalek
Sajian Kopi Khop 》Sumber foto: acehsatu.com

Asal Daerah Penyajian Kopi Khop

     Sajian seperti ini mungkin sangat tabu bagi kita yang awam akan dunia perkopian, namun bagi pecinta kopi menikmati segelas kopi dengan kondisi dibalik atau tertelungkup merupakan hal yang unik dan memiliki nilai rasa tersendiri. Sajian unik seperti ini pertama kali dijumpai di Kab. Aceh Barat di Desa Ujung Kareung. Dan masyarakat disana menyebutnya dengan "Kopi Khop".

Sejarah Kopi Khop

    Menurut cerita sajian kopi khop terinspirasi dari trade mark pahlawan nasional daerah setempat yang bernama Teuku Umar. Dan hal ini sudah ada sejak zaman penjajahan. Jadi sudah tidak diragukan lagi tentang masa lalu atau asal usul dari Kopi Khop ini.

Jenis Kopi yang disajikan di Kopi Khop

     Untuk jenis kopi yang disajikan bervariasi bisa dari jenis Kopi Robusta ataupun Kopi Arabika. Dan biasanya biji kopi yang digunakan adalah hasil bumi dari para petani kopi di daerah Aceh.

Tujuan Penyajian Kopi Khop

    Kopi khop memang  sengaja disajikan secara terbalik dengan tujuan untuk melindungi kopi terpapar polusi debu dan untuk mempertajam cita rasa dari kopi yang telah dibuat. ni merupakan sensasi menikmati segelas kopi dengan keadaan terbalik. 

Cara Minum Kopi Khop

    Menikmati segelas kopi khop butuh kehati-hatian dan tidak bisa langsung diminum hal ini dikarenakan gelas dalam keadaan terbalik. Jadi kalau membuka atau meminumnya tidak hati-hati maka yang terjadi malah tumpah kemana-mana. Jadi untuk menikmati kopi khop ini ada dua cara yaitu:

Pertama kopi khop bisa dinikmati dengan mengangkat piring beserta gelas kopinya dan diminum sedikit demi sedikit atau diseruput dengan meniupnya terlebih dahulu agar kopi keluar sedikit demi sedikit dari bawah gelas.
Kedua kopi khop biasanya dinikmati dengan sedotan untuk membantu  mempermudah meniup dan meminumnya.

Jadi sebagai pecinta kopi tentunya harus mencoba sajian kopi khop ini. Selain sajiannya yang unik, sensasi menikmati kopi seperti ini juga memiliki penggemar tersendiri dalam dunia kopi. Walaupun sajian kopi khop ini berasal dari Aceh, tidak menutup kemungkinan sajian kopi khop unik ini mulai di aplikasi oleh peracik kopi di daerah lain. Dan hal ini terbukti dengan banyaknya daerah di pelosok negeri mengaplikasikan sajian kopi khop yang khas dan unik ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat creamer dan whipped cream

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Mengenal Sejarah Barista

Kopi Janji Jiwa Gress Mall Gresik (Janji Jiwa 213)

Info Lokasi Titik Kumpul Pacet Tempat Nongkrong Hits Mojokerto