Inilah Cara Minum Kopi Espresso yang Benar

Sebagai barometer  dari minuman kopi, Negara Italia  memang sudah terkenal akan keseriusannya tentang budaya kopi.  Salah satu yang bisa kita jadikan referensi adalah tentang cara bagaimana menikmati secangkir  kopi espresso.

Sebenarnya tidak ada acuan baku tentang  cara minum kopi espresso. Namun setidaknya kita bisa mengikuti tata  cara masyarakat yang ada di Italia saat menikmati Kopi Espresso. Bagi mereka cara meminum  kopi espresso memiliki cara yang tidak boleh salah. 

Dan berikut ada beberapa  cara yang harus dilakukan saat menikmati secangkir kopi espresso.

10 Cara Minum  Kopi Espresso

  Jika kalian merupakan sebagai penikmat Kopi Espresso, maka tidak salahnya untuk melihat referensi dari cara minum kopi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Italia berikut ini:


Cara minum kopi espresso, cara menikmati espresso

1. Memahami tentang Espresso

   Untuk bisa menikmati secangkir  minuman Espresso setidaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu tetang apa itu  Espresso?

Selain itu kita juga harus mengetahui bagaimana  kopi itu diseduh, tentang bagaimana meracik biji kopi  dan bahan-bahan lainnya sampai menjadi  sajian espresso yang kita inginkan.

Untuk bisa mengekstrasi kopi, maka mesin espresso harus menggunakan tekanan sebesar 132 pon per persegi. Dan inilah yang membedakan espresso  dengan kopi brewing biasa lainnya. Secara tradisional  satu cangkir espresso terdiri dari 7 gram bubuk kopi dan harus dibuat secara cepat  tidak boleh lebih dari 25 detik.

Salah satu informasi menyebutkan bahwa untuk membuat  espresso seharusnya tidak boleh terasa pahit dan tidak membuat jantung berdebar. Informasi ini dikutip dari pendiri café Tallucci e Vino yang  terkenal di New York yaitu Luca Di Pietro.


2. Be a snob

   Bagi orang Italia  cara minum  kopi Espresso merupakan hal yang krusial. Karena bagi mereka tradisi menikmati secangkir  espresso tidak boleh melakukan hal yang salah dan mereka sangat serius tentang  kopi mereka.

Melihat betapa pentingnya menikmati  Kopi Espresso bagi penikmat kopi disana setidaknya hal ini juga berlaku bagi kita. Untuk itu perhatikan keseriusan tentang kopi yang sedang  kalian nikmati.

3. Espresso  di hasilkan Secara Cepat

    Untuk bisa menghasilkan  secangkir espresso  memang tidak membutuhkan waktu yang lama. Secara  etimologi menyebutkan bahwa espresso mempunyai makna expres, cepat, kilat. Selain itu  espresso juga memiliki makna  tersembunyi yaitu "hanya untuk Anda".

Jadi sajian minuman espresso  ini dibuat dikarenakan memang ada yang ingin memesannya (secara khusus).

4. Pesan Minuman  Kopi Espresso di Bar

   Jika di Italia pemesanan  Kopi Espresso dipesan melalui bar. Disana para penikmat kopi sangat jarang yang memesan  kopi espresso sambil duduk sambil bersangai di sandaran.

5. Minum Kopi Espresso dengan Cepat

   Pada umumnya minuman  Kopi Espresso disajikan dalam 1 shot, which is only 45-50 ml. Jadi  cara untuk minum kopi espresso  harus dilakukan dengan cepat hanya dengan sekali teguk.

Bagi orang Italia menikmati  secangkir kopi espresso  idealnya adalah diminum pada saat cream yang dihasilkan masih utuh berada di atas kopi espresso. Cara menikmati kopi espressi seperti ini dikarenakan cream  tersebut merupakan emulsi dari minyak kopi. Selain itu cream  ini juga berfungsi untuk membungkus espresso dan menjaga agar aroma dari  kopi espresso tetap sempurna.

Tapi sayangnya cream  ini tidak bertahan  lama, karena memang cepat menghilang ketika kopi espresso  sudah disajikan. Jadi untuk bisa mendapatkan  moment ini maka cara yang bisa dilakukan untuk meminum  kopi espresso  adalah dengan  cara meneguknya secara cepat.


6. Jangan pernah  meminum Espresso jika  Creamnya sudah hilang

  Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa  cream yang ada di kopi espresso tidak bertahan lama setelah mulai disajikan. Untuk itu agar kita bisa mendapatkan cita rasa  yang sesungguhnya dari  kopi espresso  jangan pernah sekali-kali meminum  kopi espresso  yang creamnya  sudah hilang.

Bagi orang Italia  untuk masalah sajian kopi cenderung sangat mendetail dalam urusan kopi  yang disajikan. Karena itu jika cream  tersebut sudah hilang  maka kita tidak akan mendapatkan kesempurnaan dari  sajian kopi espresso  yang kita minum.

7. Nikmati Suasana  dan Tradisinya

   Ketika menikmati secangkir  kopi espresso  maka jangan pernah  melewatkan semua tradisi yang disana. Salah satu tradisi yang dilakukan  saat menikmati segelas kopi adalah dengan cara mengobrol  dengan Baristanya.

Bagi orang Italia pesan  penting yang disampaikan bagi para  pecinta kopi adalah "Pesanlah Espresso di Bar, dan ngobrol dengan  Baristanya".  Jadi dengan kita memesan dan mengobrol dengan Barista saat  memesan kopi espresso  maka itulah moment yang bisa kalian lakukan untuk menjalin keakraban  dengan berbicara kepada pembuat espresso.

8. Kita bisa meminum  Espresso kapan saja namun untuk  meminum cappuccino tidak boleh lewat dari  waktu Sarapan Pagi

   Untuk menikmati  secangkir kopi espresso  bisa kita lakukan setiap saat. Namun untuk cara menikmati  cappuccino  berbeda lagi. Ketika kita akan memesan cappuccino sebaiknya jangan sampai lewat dari jam 11 pagi. Jika di Italia ada orang yang menikmati  secangkir cappuccino  pada siang hari,  ataupun pada malam hari maka orang-orang disana akan mengerutkan  kening dan memandang kita dengan aneh.

Bagi mereka minuman  cappuccino  sejatinya adalah minuman yang bernasis susu dan direkomendasikan untuk  disajikan hanya pada  pagi hari dan sarapan.
 

9. Jangan Pernah Tambahkan  Susu pada  Minuman Espresso

  Hal penting yang  harus dihindari ketika akan  menikmati espresso adalah dengan tida menambahkan  susu di dalamnya. Karena jika kita menambahkan susu pada  sajian espresso  akan merubah sajian kopi  tersebut menjadi  minuman espresso macchiato.

10. Espresso Merupakan  Sebuah Gaya Hidup,  bukan untuk Acara Khusus

   Bagi masyarakat di  Italia memesan kopi espresso  pada pagi hari merupakan sebuah gaya hidup  yang harus dilakukan. Jadi disini ketika kita akan menikmati  secangkir kopi espresso  tidak bisa memaksa  seorang barista untuk terburu-buru membuat espresso.  Karena memang untuk menikmati  secangkir espresso tidak ditujukan  untuk acara khusus.

Dengan mengetahui  acuan baku dari menikmati  secangkir espresso  yang dilakukan para pecinta kopi  yang ada di italia,  maka kita sebagai  pecinta kopi  disini sedikit mengetahui tentang tradisi  cara minum Kopi Espresso  dengan benar.


Referensi:

https://majalah.ottencoffe.co.id/10-cara-minum-espresso-ala-orang-italia/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Cara membuat creamer dan whipped cream

Mengenal Sejarah Barista

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Jombang (Janji Jiwa Jilid 676)

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Tuban (Janji Jiwa Jilid 910 & Jiwa Toast)