Inilah Perbedaan Minuman Espresso Macchiato dengan Latte Macchiato

Aneka varian racikan minuman dari ekstrak biji kopi memang sangat beragam. Diantara berbagai varian tersebut adalah Macchiato. Racikan kopi Macchiato merupakan minuman kopi atau espresso yang ditambahkan dengan sedikit susu. Susu yang digunakan berupa steam milk yang dibiarkan tanpa diaduk ketika akan disajikan.

Macchiato berasal dari bahasa Italia yang berarti "ditandai dengan bercak". Minuman Macchiato ini memiliki dua varian yaitu Espresso Macchiato dan Latte Macchiato. Kedua jenis varian dari minuman Macchiato memiliki beberapa perbedaan dari segi cara penyajian, komposisi dari espresso dan susu.

Perbedaan Minuman Espresso Macchiato dengan Latte Macchiato

  Untuk bisa mengetahui perbedaan yang ada di minuman Espresso Macchiato dengan Latte Macchiato, disini akam dibahas terlebih dahulu tentang dasar dan berbagai faktor yang membedakan kedua jenis minuman ini:

Espresso Macchiato

Perbedaan minuman espresso macchiato dengan latte macchiato, dua jenis minuman macchiato
Minuman Espresso Macchiato 》Sumber foto: starbucks.com.sg

   Minuman Espresso Macchiato ini dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam espresso. Jadi komposisi untuk minuman Espresso Macchiato ini yang lebih dominan pada bahan espresso dibandingkan dengan susu. Perbandingan kedua bahan tersebut idealnya adalah dengan 1 : 4 dari bahan dengan espresso.

Selain itu untuk penyajian minuman Espresso Macchiato biasanya disajikan pada sebuan cangkir espresso kecil (demitasse) yang memiliki ukuran 60-90 ml.

Latte Macchiato

Perbedaan minuman espresso macchiato dengan latte macchiato, dua jenis minuman macchiato
Minuman Latte Macchiato 》Sumber foto: id.m.wikipesia.org

    Minuman Latte Macchiato merupakan kebalikan dari Espresso Macchiato. Perbedaan minuman Latte Macchiato dengan Espresso Macchiato adalah komposisi dari susu yang paling dominan. Perbedaan lainnya pada Latte Macchiato dengan Espresso Macchiato terletak pada cara penyajiannya.

Cara peracikan dari minuman Latte Macchiato yaitu dengan menuangkan susu terlebih dahulu kemudian ditambahkan dengan sedikit espresso. Sedangkan untuk penyajian minuman Latte Macchiato biasanya menggunakan gelas tinggi dengan ukuran yang cukup besar.

Dari penjelasan dasar minuman Espresso Macchiato dengan Latte Macchiato yang sudah diinformaskan, maka dapat kita tarik secara baris besar bahwa tentang Point apa saja yang membedakan kedua jenis Macchiato?

Secara garis besar perbedaan antara Espesso Macchiato dan Latte Macchiato terletak pada point-point berikut ini:

- Perbedaan dari komposisi bahan yang digunakan

- Perbedaan dari cara peracikan minuman

- Perbedaan dari cara penyajian Espresso Macchiato dan Latte Macchiato

Dengan adanya kesimpulan dari perbedaan minuman Espresso Macchiato dengan Latte Macchiato di atas. Maka sekarang wawasan kita di dunia kopi menjadi lebih banyak.

Untuk itu apabila artikel tentang "Perbedaan Minuman Espresso  dengan Latte Macchiato sangat bermanfaat maka kalian bisa menshare "Minuman Espresso ini media sosial yang kalia  miliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Cara membuat creamer dan whipped cream

Mengenal Sejarah Barista

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Jombang (Janji Jiwa Jilid 676)

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Tuban (Janji Jiwa Jilid 910 & Jiwa Toast)