Ngopi atau Minum Kopi adalah Budaya Masyarakat Indonesia

Berbicara tentang kopi, tentu minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kepopulerannya di negara Indonesia juga sudah tidak meluas dan dalam bahasa jawa dikenal dengan istilah "Ngopi" (Minum Kopi). Hal ini terlihat dari sekian banyaknya tempat menikmati minuman kopi ini. Dari setiap sudut kota bahkan pelosok daerah banyak tersebar kedai, warung ataupun cafe yang menyajikan minuman unik yang berbahan dasar biji kopi.

Ngopi atau minum kopi adalah budaya masyarakat indonesia
Nongkrong Ngopi di Rolag Cafe Surabaya

Kenikmatan yang didapat dari secangkir kopi itu sendiri hanyalah satu dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari biji kopi. Selain itu didalam kegiatan ngopi atau meminum kopi merupakan solusi untuk mempererat silaturahmi antar sesama, baik itu teman, sahabat, keluarga, partner ataupun orang yang baru kita kenal. Ketika menikmati seduhan kopi terdapat satu kegiatan yang tidak secara sadar ataupun tidak sadar pasti terjadi perbincangan-perbincangan kecil sampai ke obrolan serius tentang masalah sekitar.

Di Indonesia sediri kegiatan berbincang-bincang atau ngobrol (cangkru'an dalam bahasa jawa) sambil menikmati segelas kopi merupakan hal yang biasa kita lihat di kedai-kedai atau warung kopi. Bahkan kegiatan seperti ini sudah menjadi budaya di kalangan masyarakat Indonesia.

Dari berbagai daerah yang ada di Indonesia ternyata memiliki cara yang unik dan berbeda untuk menikmati kopi dan setiap daerah tersebut penyajiannya juga sangat khas. Selain itu terdapat juga bahan-bahan lainnya yang semakin menambah keberagaman dari sensasi menikmati kopi yang populer ini.

Sebagai negara penghasil kopi jenis robusta, arabika dan biji kopi termahal didunia (Kopi Luwak), negara Indonesia juga mempunyai budaya minum kopi yang sangat unik dan khas. Budaya minum kopi ini merupakan warisan dari para pendahulu Negara ini. Untuk itu budaya ngopi atau menikmati kopi tidak akan lepas dari masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi populer di semua kalangan baik itu tua muda ataupun kaya dan miskin.

Dari persepsi itulah budaya minum kopi atau ngopi ini sudah menjamur dari sabang sampai merauke. Untuk itu jangan heran kalau sampai sekarang budaya minum kopi atau ngopi masih terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Cara membuat creamer dan whipped cream

Mengenal Sejarah Barista

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Jombang (Janji Jiwa Jilid 676)

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa di Tuban (Janji Jiwa Jilid 910 & Jiwa Toast)