Sejarah dan Resep Kopi Joss Khas Yogyakarta

Jika kalian sebagai penikmat kopi yang sedang atau berasal dari Yogyakarta pasti mengetahui sajian kopi unik yang ada disana yang bernama Kopi Joss. Minuman Kopi Joss ini sudah terkenal dari seluruh pelosok negeri. Minuman kopi joss ini banyak tersedia di angkringan-angkringan yang ada di Yogyakarta. 

Dikota ini kita bisa menikmati Kopi Joss sambil nongkrong di pinggir jalan bersama teman-teman. Disini setiap penjuru kota tidak pernah sepi walaupun pada malam hari. Berbagai para penjual dan wisatawan akan menghiasai setiap sudut kota.

Setiap penjual yang ada di sana khusunya berjualan kuliner pasti juga menyediakan menu Kopi Joss ini. Karena memang sajian kopi yang paling terkenal dari Kota Jogja ini adalah sajian Kopi Joss yang unik dan legendaris.

Resep kopi joss khas jogja, manfaat kopi joss arang jogja, sejarah kopi joss dan cara membuat kopi joss khas yogyakarta
Sajian Kopi Joss Khas Yogyakarta

Dan untuk lebih mengenal kuliner minuman Kopi Joss yang berasal dari Kota Jogja ini mari kita bahas tentang sejarah, resep dan cara pembuatan minuman Kopi Joss. Agar nantinya kita akan mengetahui lebih jauh informasi tentang Kopi Joss ini.

Sejarah Minuman Kopi Joss

   Menurut sejarah awal mula sajian Kopi Joss ini ditemukan pada abad ke 19- dan sejak saat itu minuman Kopi Joss mulai dipopulerkan oleh para pedagang-pedagang angkringan yang berada di sekitar daerah Stasiun Tugu Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu akhinya pada abad ke 20 an minuman Kopi Joss ini sudah mulai mendunia.

Perbedaan sajian Kopi Joss dengan sajian kopi lainnya adalah terletak pada bahan tambahan berupa arang yang digunakan untuk melengkapinya. Jika kalian menginginkan pengalaman baru maka sajian Kopi Joss ini bisa dijadikan rekomendasi untuk mendapatkan sensasi ketika menikmati secangkir kopi.

Asal Mula Penyebutan Kata "Kopi Joss"

   Sebutan Kopi Joss ini tentunya bukan hanya sebutan biasa melainkan ada kejadian yang mendasarinya mengapa sajian ini bisa disebut sebagai "Kopi Joss"? Awal mula penyebutan "Kopi Joss" ini dikarenakan ketika kopi tubruk selesai diseduh tidak langsung disajikan melainkan dimasukkan arang terlebih dahulu ke seduhan kopi. Arang ini harus benar-benar panas dan masih membara.

Ketika seduhan kopi ini dimasuki arang maka otomatis akan mengeluarkan suara "Joss" yang sangat kencang akibat dari pertemuan bara api dengan air. Timbulnya suara yang keras inilah yang akhirnya dijadikan ide untuk menyebut sajian kopi tersebut dengan sebutan "Kopi Joss".

Manfaat Kopi Joss

   Ternyata sajian Kopi Joss ini tidak hanya unik melainkan juga memiliki khasiat dan manfaat lainnya. Untuk manfaat yang didapatkan dari minuman Kopi Joss ini adalah sebagai berikut:

- Kadar Kafein yang sangat rendah
- Dapat mengikat polutan dan racun
- Dapat mengurangi ampas kopi
- Menimbulkan aroma kopi yang khas

Menurut penelitian Kopi Joss ini memiliki kadar kafein yang sangat rendah karena akibat dari metoda pembuatannya yang secara tidak langsung dinetralkan oleh arang. Arang yang dipergunakan disini memiliki suhu kira-kira 250° C sehingga akan menjadi karbon yang aktif yang berfungsi untuk mengikat polutan dan racun.

Selain itu menurut dari berbagai sumber karbon yang teraktivasi tersebut dapat mengurangi ampas kopi, mengikat racun dan dapat memunculkan aroma kopi yang khas.

Bahan Resep Sajian Kopi Joss Khas Yogyakarta

  Bahan-bahannya sendiri tidaklah sulit untuk digunakan meracik sajian Kopi Joss khas Jogja ini.

Resep kopi joss khas jogja, manfaat kopi joss arang jogja, sejarah kopi joss dan cara membuat kopi joss khas yogyakarta
Resep Kopi Joss Khas Jogja 》Sumber foto: ottencoffee.co.id

- Kopi bubuk (kopi arabika gayo) atau boleh juga menggunakan bubuk kopi lainnya
- Air panas sesuai kebutuhan
- Gula pasir secukupnya
- Arang bersih (dibakar sampai membara)
Untuk arang yang dipergunakan bisa juga memakai arang bambu kali atau kayu lainnya.

Setelah kalian menyiapkan bahan-bahannya maka langkah selanjutnya adalah dengan meracik minuman Kopi Joss tersebut.

Cara Membuat Sajian Kopi Joss Khas Yogyakarta

  Untuk cara pembuatannya kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar nantinya tidak terjadi kesulitan saat meracik Minuman Kopi Joss.

-Pertama seduh kopi bubuk dan gula sesuai selera dengan cara menyeduhnya seperti kita membuat Kopi Tubruk
- Kedua masukkan arang panas kedalam gelas seduhan kopi yang sudah dibuat
- Ketiga sajikan Minuman Kopi Joss saat mengeluarkan asap dan mengeluarkan suara joss untuk semakin menambah sensasi ketika menikmati Kopi Joss ini.

Sajian Kopi Joss Khas Jogja ini sangat cocok dinikmati dengan teman-teman sesama pecinta kopi. Selain itu kopi ini juga cocok dinikmati pada saat musim hujan dan secara tidak langsung bisa juga berfungsi sebagi penghangat tubuh kita. Jadi dengan adanya resep ini kalian semakin mengerti tentang wawasan kuliner khas minuman yang berasal dari daerah Yogyakarta ini.


Referensi:

http://anekareseonusantara.info/reseo-kopi-joss-arang-khas-yogyakarta/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Cara membuat creamer dan whipped cream

Resep Makanan Korea Tteokbokki Anti Gagal Tanpa Gochujang

Kopi Janji Jiwa Gress Mall Gresik (Janji Jiwa 213)