5 Macam Alat Seduh Kopi Manual yang Digunakan olah Barista

Berbicara tentang alat seduh kopi manual memang belum banyak yang mengetahuinya terlebih lagi bagi para pecinta kopi baru. Alat seduh kopi manual yang banyak muncul mungkin alat seduh kopi manual yang biasanya kita jumpai di warung-warung kopi ataupun di kedai kopi sederhana yang ada di sekitar kita.

Penggunaan alat seduh kopi manual yang biasa digunakan adalah alat seduh kopi manual yang terdiri dari cangkir, teko, dan alat aduk kopi biasanya dari sendok teh. Alat seduh kopi manual seperti mayoritas digunakan di warung-warung kopi yang menyediakan kopi tubruk.

Bagi para pecinta kopi, apapun itu jenis minuman kopi yang dipesan pastinya tidak akan lepas dari alat dan seorang peracik kopi atau barista. Alat seduh kopi manual ini tidak hanya dipergunakan di kedai kopi besar ataupun di cafe yang notabene menyajikan minuman kopi berkelas.

Setiap minuman kopi yang disajikan oleh seorang barista tentunya dihasilkan dari peracikan setiap bahan dan alat seduh kopi yang digunakan.

Alat seduh kopi yang digunakan oleh seorang barista ini meliputi alat seduh kopi manual dan alat seduh kopi yang menggunakan bantuan mesin atau biasa disebut sebagai Mesin Espresso. Dari kedua pilihan alat penyeduh kopi tersebut memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda.

Namun dikarenakan disini akan membahas alat seduh kopi manual, maka tulisan ini akan menyajikan informasi tentang macam-macam alat seduh kopi manual.

Beberapa nama dari alat seduh kopi manual ini mungkin ada yang pernah mendengar ataupun melihat bahkan memilikinya. Untuk itu agar kita lebih memahami berbagai alat seduh kopi manual mari disini kita lihat bersama-sama apa saja alat seduh kopi manual tersebut.

Alat Seduh Kopi Manual

Untuk menghasilkan kopi yang nikmat dan bercitarasa tinggi tentunya sedikit banyak dipengaruhi oleh peracik kopi dan alat seduh kopi yang digunakan. Pada penggunaan alat seduh kopi baik itu manual ataupun menggunakan mesin akan memiliki taste atau rasa tersendiri.

Namun apabila kita ingin mendapatkan ekstraksi kopi yang pas sesuai dengan selera kita maka solusi yang terbaik untuk bisa menghasilkan minuman kopi yang berkualitas adalah dengan memiliki salah satu dari alat seduh kopi manual di rumah.

Kenapa harus menggunakan Alat Seduh Kopi Manual?

Penggunaan alat seduh kopi manual ini memang bukannya tanpa alasan, karena memang untuk harga dari alat seduh kopi manual sangat terjangkau sehingga bisa digunakan alternatif untuk mengkreasikan setiap minuman kopi yang akan kita buat sendiri di rumah.

Dan untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu alat seduh kopi manual yang bisa kita gunakan di rumah.

1. ALAT SEDUH KOPI MANUAL "MOKA POT"

Berbicara tentang alat seduh kopi manual, mungkin kebanyakan pecinta kopi tentang sudah mengetahui alat seduh kopi manual ini. Alat seduh kopi manual ini namanya Moka Pot. Alat seduh kopi manual moka pot sangat sederhana dan juga harganya sangat ramah dengan kantong.

Tidak sampai disitu, alat seduh kopi manual Moka Pot juga merupakan alat seduh kopi manual portabel yang bisa dibongkar pasang dan mampu menghasilkan seduhan kopi yang berkualitas.

Dalam mempergunakan alat seduh kopi manual Moka Pot ini cukup mudah, akan tetapi tetap harus memperhatikan beberapa tips ini agar nantinya mendapatkan hasil seduhan kopi yang berkualitas. Untuk itu disini akan dijelaskan tentang tips mempergunakan alat seduh kopi manual Moka Pot.

Alat seduh kopi manual, macam alat seduh kopi
Alat Seduh Manual Moka Pot 》Sumber foto: kimscoffeeid.com

Tips Menggunakan Alat Seduh Kopi Manual Moka Pot

Sebelum kita membahas tips tentang bagaimana menggunakan alat seduh kopi manual Moka Pot agar nantinya kita tidak salah dalam penggunannya.

Perlengkapan dalam menggunakan alat seduh kopi manual Moka Pot:

- Moka Pot
- Kompor (stove)
- Ketel (kettle)
- Biji Kopi (roasting)
- Gilingan (grinder)
- Penghitung Waktu (timer)
- Timbangan Digital (digital scale)
- Sendok Kayu (wooden spoon)

Tips untuk menggunakan alat seduh kopi manual Moka Pot

Setelah kita mengetahui perlengkapan saat mempergunakan alat seduh kopi manual Moka Pot, kini kita membahasa tentang tips cara mempergunakannya agar menghasilkan ekstrak kopi yang berkualitas.

Pertama pastikan bubuk kopi rata dan tersalur melalui porta-filter mempergunakan jari telunjuk

Kedua pergunakan biji kopi yang masih fresh (gunakan kopi setelah 12-36 jam setelah dipanggang (roasting)

Ketiga pergunakan selalu alat seduh Moka Pot dalam keadaan bersih.

Selalu mengkondisikan alat seduh Moka Pot ini merupakan hal yang harus diperhatikan karena minyak yang dihasilkan saat mengekstrak kopi dapat menempel jika dibiarkan terlalu lama. Dan hal ini jika dibiarkan akan berdampak pada timbulnya rasa asam dan pahit ketika Moka Pot digunakan lagi.

Rahasia lain yang harus dilakukan ketika menggunakan alat seduh manual Moka Pot

Cara lain dalam mempergunakan alat seduh kopi manual Moka Pot adalah pada saat proses mendinginkan Moka Pot setelah kopi selesai di ekstrak. Caranya bisa dengan mempergunakan handuk dingin atau taruh Moka Pot di dalam air dingin untuk mengehentikan ekstrasi kopi lebih jauh.

Cara seperti ini dilakukan untuk memudahkan memisahkan kopi yang setelah diekstrak dengan rasa logam dari alat seduh Moka Pot sehingga tidak akan menggangu rasa kopi saat dipergunakan kembali.

Dari informasi ini setidaknya bisa membantu para pecinta kopi untuk menjadikan alat seduh kopi manual Moka Pot sebagai alternatif ketika menyeduh kopi. Jadi dengan begini kita bisa mempergunakan alat seduh kopi manual Moka Pot dengan baik dan benar sehingga hasil kopi sesuai dengan diharapkan.

2. ALAT SEDUH KOPI MANUAL "AEROPRESS"

Alat seduh kopi manual Aeropress merupakan alat seduh kopi manual yang ditujukan untuk cara cepat dan nyaman saat menyeduh kopi. Dengan menggunakan alat seduh kopi manual ini kalian bisa dengan mudah untuk berkreasi membuat minuman kopi yang sesuai dengan selera.

Alat seduh kopi manual Aeropress ini pertama kali diciptakan pada tahun 2005 oleh Aerobie. Konsep yang diusung alat seduh Aeropress ini memiliki kesamaan dengan alat seduh French Press.

Alat seduh kopi manual, macam alat seduh kopi
Alat Seduh Aeropress 》Sumber foto: kimscoffeeid.com

Alat seduh kopi manual ini memanfaatkan tekanan udara untuk menekan kopi sampai menetes ke tabung bagian bawah. Menggunakan alat seduh Aeropress dengan terbalik merupakan metode yang sangat populef di kalangan para Barista.

Posisi ini meletakkan alat seduh Aeropress dengan keadaan terbalik dan pada satu sisi lainnya menekan plunger. Untuk menghasilkan seduhan kopi yang berkualitas, maka seorang barista harus memiliki kelengkapan dari alat seduh Aeropress berikut ini.

Perlengkapan Lain Alat Seduh Kopi Manual Aeropress

Sebagai pecinta kopi tentunya sebuah kesempurnaan pembuatan kopi merupakan hal yang utama yang harus didapat ketika menikmati secangkir kopi. Dan untuk mengejar hal tersebut maka alat seduh kopi manual Aeropress harus dilengkapi dengan beberapa bahan dan alat pendukung lainnya seperti:

- Alat seduh Aeropress
- Kertas Filter (paper filter)
- Ketel (kettle)
- Biji Kopi (roasting)
- Gilingan (grinder)
- Penghitung Waktu (timer)
- Timbangan Digital (digital timer)
- Sendok Kayu (wooden spoon)

Tips Menggunakan Alat Seduh Kopi Manual Aeropress

Rahasia dari secangkir kopi dari hasil seduhan dari alat seduh kopi manual Aeropress terletak pada kecepatan waktu, suhu air yang tepat dan juga penggunaan biji kopi yang masih segar. Untuk itu agar mendapatkan hasil yang maksimal dari secangkir kopi alat seduh kopi manual Aeropress setidaknya kalian bisa mengikuti tips menggunakan alat seduh Aeropress berikut ini.

- Tuangkan Bubuk kopi 15 gram (gunakan biji kopi yang masih fresh, minimal 12-36 jam setelah dipanggang)
- Panaskan setidaknya 400 gram air
- Tuangkan air panas secara continue dari 30 g pertama, kemudian tuangkan air 160 g untuk kedua kalinya.

Untuk mengukur berat bubuk dan air secara akurat sebaiknya pergunakan timbangan digital. Karena dengan mengukur terlebih dahulu maka standard dari penyajian kopi bisa kita peroleh. 

Cara Penggunaan Alat Seduh Aeropress

Setelah bahan-bahan diatas sudah tersedia, sekarang waktunya untuk mempergunakan alat seduh Aeropressnya.

- Tambahkan filter kertas pada cap yang dilepas
- Masukkan bubuk kopi ke tabung bagian atas
- Kemudian tuangkan air panas dan diaduk
- Setelah meresap sempurna tekan atau dorong plunger Aeropress ke bawah
- Tekan sampai ekstraksi kopi benar-benar sudah menetes ke bawah
- Dan seduhan kopi dari alat seduh Aeropress sudah bisa dinikmati.

Untuk hasilnya sendiri tidak memiliki banyak fokus cita rasa namun rasa kopi secara keseluruhan dari hasil seduhan alat Aeropress memiliki rasa yang agak asam dibandingkan dengan menggunakan alat seduh Coffee Drip.

3. ALAT SEDUH KOPI MANUAL "SIPHON"

Satu lagi nih alat seduh kopi manual yang bisa dijadikan tips untuk menikmati secangkir kopi dengan proses yang tidak seperti biasanya. Nama alat seduh kopi manual ini adalah Siphon. Siphon ini merupakan alat seduh kopi manual berupa vakum dengan memanfaatkan dua ruang yang berbeda dalam satu rangkaian. 

Jika dilihat memang prosesnya agak sedikit rumit, namun apabila dilakukan dengan cara yang benar maka akan menghasilkan secangkir kopi yang bersih tanpa ampas dan tentunya tidak mengecewakan.

Alat seduh kopi manual, macam alat seduh kopi
Alat Siphon 》Sumber foto: kimscoffeeid.com

Alat seduh kopi manual ini merupakan serangkaian dari beberapa komponen sehingga untuk bisa mempergunakannya harus dipergunakan secara bersamaan. Dan berikut komponen-komponen yang ada di alat seduh kopi manual Siphon.

Komponen Alat Seduh Kopi Manual Siphon

1. Hopper (corong), komponen ini berada di bagian atas
2. Filter (penyaring), bagian tengah
3. Bulb (bohlam), berada di bagian bawah

Cara Kerja Alat Seduh Kopi Manual Siphon

Untuk bisa menghasilkan ekstrak kopi menggunakan alat seduh kopi manual Siphon lebih dulu melalui beberapa proses diantaranya.

Tata cara kerja alat seduh kopi manual siphon pada bagian Hopper (corong) berisi bubuk kopi yang akan di ekstrak dan Bulb (bohlam) berisi air. Ketika Bulp (bohlam dipanaskan maka uap air akan menimbulkan tekanan ke atas bagian Hopper (corong) dan uap tersebut akan bercampur dengan biji kopi yang berada di bagian Hopper.

Ketika uap air sudah pindah ke atas maka matikan apinya (Heater) dan tunggu sampai dingin. Nantinya pada saat dingin sedikit demi sedikit air bercampur ekstrak kopi yang ada di bagian Hopper akan turun kebawah ke bagian Bulp dan hasil ekstrak kopi siap untuk dinikmati.

Perlengkapan yang digunakan oleh barista ketika menggunakan alat Siphon untuk menyeduh kopi secara manual adalah:

- Siphon Set
- Sumber Panas/Heater (heat source)
- Ketel (kettle)
- Biji Kopi (roasting)
- Gilingan (grinder)
- Sendok Kayu (wooden spoon)
- Thermometer
- Penghitung Waktu (timer)
- Timbangan Digital (digital scale)

Tips Cara Menggunakan Alat Seduh Kopi Siphon

- Siapkan 26 gram Bubuk Kopi dimasukkam ke bagian Hopper
- Siapkan 375 gram air pada Bulb (air harus lebih rendah dari Bulp)
- Bubuk kopi ditambahkan pada Hobber setelah semua air pada Bulb naik ke bagian Hobber
- Dianjurkan diaduk lebih dahulu dan pastika sudan tercampur sempurna
- Biasanya seorang Barista akan mengaduk terus untuk menghindari kerak ampas yang terbentuk.

Hasil kopi dari seduhan manual menggunakan alat Siphon akan menjadi kan rasa kopi lebih kuat sangat halus dan hampir tanpa ampas. Selain itu prosesnya yang begitu rumit menjadi sensasi tersendiri. Sedangkan tujuan dari penggunaan alat seduh Siphon ini lebih menekankan cita rasa segar dan tajam.

Penggunaan alat seduh kopi manual siphon ini harus dilakukan dengan benar, karena apabila dilakukan dengan cara yang salah maka hasilnya akan membuat cita rasa kopi menjadi seperti kacang bakar. Jadi pastikan ikuti tips cara menggunakan alat seduh kopi manual Siphon dengan benar.

4. ALAT SEDUH KOPI MANUAL "V60 DRIP"

Satu lagi nih alat seduh kopi manual yang bernama V60 Drip. Dimata para barista alat seduh ini sudah sangat familiar. Alat seduh kopi V60 Drip ini mirip dengan alat seduh Chemex. Kedua alat seduh kopi tersebut sama-sama digunakan dengan cara menuangkan air panas sampai "blooming" untuk mendapatkan cita rasa ekstraksi kopi yang berkualitas. 

Alat seduh V60 Drip diproduksi oleh sebuah perusahaan yang bernama "HARIO". Dan alat seduh V60 Drip juga menjadi alat yang paling populer di kalangan pecinta kopi dan para Barista.

Untuk mengetahui semua tentang seluk beluk alat seduh kopi manual V60 Drip ini sekarang kita bahas satu-persatu mengenai alat seduh kopi manual yang bernama V60 Drip.

Alat seduh kopi manual, macam alat seduh kopi
Alat Seduh Kopi Manual V60 Drip 》Sumber foto: kimscoffeeid.com

Material utama dari alat seduh V60 Drip

Material yang digunakan ada pada keramik silinder dengan lubang yang mengerucut ke bawah. Dan lubang ini berfungsi untuk jalan keluar dari ekstraksi bubuk kopi dengan cara membiarkan air resapan kopi menetes sedikit demi sedikit melalui ujung lubang dari alat seduh V60 Drip.

Perlengkapan Ketika Menggunakan Alat Seduh V60 Drip:

- Alat Seduh V60 Drip
- Kertas Filter (paper filter)
- Ketel (kettle)
- Biji Kopi (roasting)
- Gilingan (grinder)
- Penghitung Waktu (timer)
- Timbangan Digital (digital scale)

Cara Mempergunakan Alat Seduh V60 Drip

Cara untuk menuangkan air panas ketika menggunakan alat seduh V60 Drip hampir dengan alat seduh Chemex. Teknik yang digunakan ketika menyeduh kopi yaitu dengan menuangkan air panas ke alat seduh V60 Drip dengan gerakan melingkar dengan perlahan di bagian atas kerucut V60 Drip. Proses selanjutnya tinggal menunggu sampai air kopi merembes melalui filter dan menetes sampai habis.

Sebaiknya ketika menuangkan air gunakan ketel yang memiliki bentuk moncong panjang dan berleher sempit menyerupai leher angsa. Ketel seperti ini digunakan agar nanti pada saat proses menuangkan air panas dengan gaya melingkar menjadi lebih mudah.

Tips untuk Mendapatkan Cita Rasa Kopi yang Berkualitas Menggunakan Alat V60 Drip

Hasil dari penyeduhan bubuk kopi menggunakan alat V60 Drip ini secara keseluruhan akan memberikan keseimbangan antara penyajian secangkit kopi dan kenyaman ketika melakukan proses penyeduhan kopi. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa mengikuti resep dan cara berikut ini.

- Komposisi Air dan Kopi
 Gunakan 28 gram bubuk kopi dengan 60 gram air untuk mempermudah proses "blooming".

- Gunakan Biji Kopi yang Fresh
  Biji kopi yang digunakan disarankan biji kopi yang setelah di panggang (roasting) 12-36 jam kemudian.

- Tingkat Gilingan Biji Kopi
 Sangat disarankan memproses biji kopi ketika digiling harus di level medium.

- Waktu ketika "blooming" menggunakan alat seduh V60 Drip
  Waktu yang disarankan ketika kopi sudah di roasting seminggu sebelumnya maka proses blooming dilakukan hanya selama 1 menit. Dan apabila lebih dari seminggu maka waktu blooming yang disarankan adalah sekitar 45 detik. Air harus dituangkan dengan perlahan dengan gerakan melingkar berlawanan dengan arah jarum jam.

- Waktu seduh Menggunakan alat V60 Drip
 Waktu yang dibutuhkan ketika menyeduh kopi menggunakan V60 Drip adalah sekitar 2,2 - 5 menit sampau tetes kopi melambat hingga pada kecepatan yang konsisten.

Cara menyeduh secangkir kopi menggunakan alat V60 Drip ini merupakan salah satu favorit di kalangan Barista. Hal ini disebabkan karena hasil dari proses penyeduhan menggunakan alat seduh V60 Drip memiliki sedikit ampas. Sedikitnya ampas kopi ini disebabkan proses penyaringan di alat V60 Drip yang menggunakan filter kertas.

5. ALAT SEDUH KOPI MANUAL "CHEMEX"

Alat seduh kopi manual yang digunakan seorang barista ternyata sangat beragam. Dari sekian banyak alat seduh kopi tersebut ada yang bermana "Chemex". Alat seduh kopi manual ini memiliki nama "Chemex" karena diambil dari nama perusahaan yang pertama kali memperoduksi alat seduh kopi manual "Chemex". Sebagai seorang barista tentunya sudah pernah menggunakan alat ini atau paling tidak pernah melihatnya.

Alat seduh kopi manual, macam alat seduh kopi
Alat Seduh Kopi Manual 》Sumber foto: kimscoffeeid.com

Dilihat dari segi bentuknya alat seduh kopi manual "Chemex" menyerupai seperti bentuk jam pasir. Bentuknya seperti buah labu dan sangat terlihat elegan dengan dilengkapi filter eksklusif yang lebih tebal daripada filer yang ada di alat seduh V60 Drip. 

Alat seduh kopi manual ini proses penyeduhan kopinya hampir mirip dengan V60 Drip yang juga terdapat "blooming" saat air panas dituangkan ke bagian bubuk kopi sebelum kopi di alat "Chemex" benar-benar terseduh dengan sempurna.

Perlengkapan yang diperlukan seorang Barista ketika menggunakan alat seduh kopi manual "Chemex"

Alat-alat perlengkapan ini merupakan alat wajib yang harus dimiliki oleh seorang barista ketika melakukan penyeduhan menggunakan alat seduh "Chemex".

- Alat seduh "Chemex" lengkap dengan kertas filternya
- Ketel (kettle)
- Biji Kopi (roasting)
- Gilingan (grinder)
- Penghitung Waktu (timer)
- Timbangan Digital (digital scale)

Tips menggunakan alat seduh kopi "Chemex"

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika menyeduh kopi menggunakan alat seduh "Chemex" sebaiknya mengikuti tips berikut ini:

Langkah pertama tempatkan 48 gram bubuk kopi di atas filter kertas pada dasar leher corong alat seduh kopi "Chemex"
- Bubuk kopi yang dipergunakan adalah biji kopi yang digiling pada tingkat kasar seperti tekstur garam pada umumnya

Langkah kedua tuangkan air panas 100 gram di atas bubuk kopi
- Penuangan harus dilakukan dengan teknik melingkar
- Waktu yang dibutuhkan pada saat "blooming" sekitar 90 detik
- Waktu penuangan sangat disarankan di bawah 4 menit

Langkah ketiga tunggu sampai proses penyeduhan selesai
- Proses penyeduhan selesai dilihat dari hasil kopi yang sudah tidak menetes lagi dari bawah kertas filter di alat seduh kopi "Chemex"

Hasil penyeduhan kopi menggunakan alat "Chemex" ini kurang kuat dibandingkan dengan hasil penyeduhan dari alat seduh French Press. Namun untuk ampas kopinya, alat seduh "Chemex" lebih bersih dibandingkan alat seduh "French Press". Hal ini disebabkan penggunaan kertas filter yang tebal. 

Sedangkan untuk cita rasanya, hasil dari penyeduhan "Chemex" secara keseluruhan menyebabkan minuman kopi menjadi lebih manis dan alami serta memiliki cita rasa tertentu. 

Beberapa macam alat seduh kopi manual di atas yang meliputi alat seduh Moka Pot, Aeropress, Chemex, V60 Drip dan alat seduh kopi manual Siphon merupakan alat seduh kopi manual yang bisa kalian miliki dirumah. Selain harganya terjangkau, rasa dan kenikmatan kopi dari alat seduh kopi manual tersebut juga memiliki rasa tersendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi Franchise Kopi Janji Jiwa Jilid 641 Jombang

Sejarah dan Resep Kopi Joss Khas Yogyakarta

Cara MUDAH Membuat Minuman Original Cheese Tea yang Kekinian

Djadual Coffee Gresik Tempat Ngopi Aesthetik

Mengenal Sejarah Barista